Social Icons

Pages

Selasa, 12 Maret 2013

istilah istilah

Untuk meningkatkan pemahaman terhadap spesifikasi yang ada pada peta sumberdaya geologi Indonesia, dipandang perlu untuk menjelaskan beberapa istilah dan definisi yang terdapat dalam peta tematik sumberdaya geologi  Indonesia. Beberapa diantaranya adalah :
Sumber Daya Geologi : Adalah akumulasi sumber daya mineral logam dan non logam, batubara, gambut, bitumen padat, minyak, gas bumi dan panas bumi yang terdapat di kerak bumi, yang diharapkan dapat dimanfaatkan secara nyata dan dapat ditingkatkan statusnya menjadi cadangan setelah diselidiki lebih lanjut.
Cadangan           : adalah sumberdaya yang telah nyata diketahui keberadaannya dan dimensinya yang bernilai ekonomis yang secara menguntungkan dapat dieksploitasi sesuai dengan teknologi dan kondisi ekonomi saat itu.
Keterdapatan mineral (mineral occurence): adalah indikasi adanya endapan mineral atau bongkah yang belum diketahui potensinya.
Mineral logam : adalah mineral yang dari padanya dapat diekstrak untuk dimanfaatkan unsur logamnya. Dalam hal ini mineral logam yang dimaksudkan adalah yang diharapkan bernilai ekonomi
Logam Dasar : logam yang umum terdapat dan secara kimiawi lebih aktif, contoh : tembaga (Cu), timbal (Pb), timah (Sn) dan seng (Zn).
Logam Mulia : logam yang secara ekonomis sangat berharga dan banyak dibutuhkan, contoh : emas (Au), perak (Ag) dan platina (Pt).
Logam Jarang : logam yang secara relatif ditemukan dalam jumlah     sedikit dan tersebar di kulit bumi, contoh : litium (Li), yttrium (Y), zirkonium (Zr), logam tanah jarang (REE).
Logam besi dan paduan besi : logam yang lazim digunakan dalam industri dan campurannya, seperti : besi (Fe), kobal (Co), kromit (Cr), mangan (Mn).
Mineral industri: adalah kelompok komoditas mineral bukan logam dan batuan yang terdiri dari batugamping, dolomit, fosfat, kalsit,zeolit, gipsum, bentonit, datomea, barit, oker, yarosit, belerang, asbes, talk, mika, yodium. Bahan ini dipakai terutama sebagai bahan mentah dalam industri pupuk, kertas, plastik, cat, peternakan, pertanian, kosmetik, farmasi dan kimia.
Bahan keramik : adalah kelompok komoditas mineral bukan logam dan batuan yang terdiri dari lempung, toseki, pirofilit, felsfar, kaolin, bondclay/ballclay, pasir kuarsa, batupasir kuarsa, perlit, batuan kalium-natrium, trakhit, magnesit, kuarsit. Bahan ini dipakai tertutama sebagai bahan mentah dalam industri keramik refraktori, semen dan gelas.
Bahan bangunan : adalah kelompok batuan yang terdiri dari andesit, sirtu, tras, onik, marmer, diorit, granit, batuapung, obsidian, basal. Bahan ini dipakai terutama sebagai bahan mentah  dalam industri bahan bangunan dan ornamen.
Batumulia dan batuhias : adalah kelompok komoditas mineral dan batuan yang terdiri dari kalsedon, chert, kristal kuarsa, opal, jasper, krisopras, kayu terkersikan/koral terkersikan, garnet, giok, agat, intan, zirkon dan topaz. Bahan ini dipakai terutama dalam industri perhiasan dan kerajinan.
Formasi pembawa batubara :  suatu kelompok batuan pembawa batubara yang spesifik terdapat dalam suatu daerah.
Batubara : batuan sedimen yang terbentuk dari hasil pengawetan sisa-sia tanaman purba dan menjadi padat setelah tertimbun oleh lapisan batuan diatasnya, sehingga mengakibatkan pengkayaan kandungan karbon yang dapat terbakar.
Gambut : adalah peringkat batubara paling  muda yang belum mengalami proses pembatubaraan.

Basis data : adalah kumpulan data terstruktur dan terhubung yang digunakan secara bersamaan untuk aplikasi yang disimpan dan dikelola dalam satu wadah

Data Spasial (geospasial) : adalah data yang posisinya mengacu pada system koordinat bumi

Atribut Data : adalah data tekstual berupa tabulasi yang berfungsi mendeskripsikan data spasial.
Fitur  : adalah Tampilan dari suatu data spasial pada peta.

Layer : adalah Fitur yang mempunyai tema tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

KONTAK KAMI

Minat informasi lebih lanjut silahkan kontak kami
PT. BUMI RESOURCES ORLAND
Telp : 0747-21888
Hp : 082380937425
Email : ptbumiresourcesorland@yahoo.co.id
atyonjf4302@yahoo.co.id
mars4302@yahoo.co.id

Total Tayangan Halaman

TERIMA KASIH

ATAS KUNJUNGAN ANDA KE BLOG KAMI

MINING

MINERAL AND MINING COAL
 
Minat Info Tambang Di Sini Silahkan Kontak Kami, Kami Siap Melayani Saudara (Investor). email kami: ptbumiresourcesorland@yahoo.co.id atau Hub. Langsung via Hp 082380937425 atau 0747-21888